Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa MAN 1 Bandar Lampung Peringkat Pertama Terbanyak Diterima SNBP Unila

Kepala MAN 1 Bandar Lampung Lukman Hakim, S.Pd., MM

Sigerindo, Bandarlampung—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandar Lampung terus membuktikan prestasi sekolahnya baik di tingkat nasional maupun daerah. Kali ini, berdasarkan pengumuman secara serentak hasil seleksi melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Selasa (26/03/24) lalu, sebanyak 82 siswa-siswi kelas XII dinyatakan lolos di Universitas Negeri Lampung (Unila).

Jumlah ini menunjukkan dari 2.611 yang diterima di Unila, MAN 1 Bandarlampung merupakan penyumbang siswa terbanyak pertama di level SMA yang ada di Provinsi Lampung.

Mengomentari prestasi tersebut, Kepala MAN 1 Bandar Lampung Lukman Hakim, S.Pd., MM sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih siswa-siswinya.

“Prestasi ini memang sudah didesign sejak awal masuk para siswa di sekolah sudah kami petakan dengan memanggil psikolog untuk mengetahui potensi siswa. Setelah potensi siswa diketahui, para siswa dikelompokkan, dan kemudian Kami datangkan guru tamu (guest teacher—red) dan berkolaborasi dengan kampus-kampus terdekat seperti Unila, UIN, dan Itera supaya potensi siswa muncul di bidang akademik sehingga dapat membangkitkan motivasi dan inspirasi siswa,” kata Lukman Hakim yang akrab dengan para kuli tinta ini.

Selain itu, MAN 1 Bandar Lampung juga mendatangkan guru tamu di bidang research supaya para siswa terbiasa dengan riset.

“Kemudian setelah para siswa masuk di kelas XII, para siswa diberikan pelatihan-pelatihan bagaimana masuk ke perguruan tinggi, maka kemampuan anak sudah terpetakan. Terakhir, kami mendatangkan para Alumni untuk menceritakan success story para alumni yang sudah sukses menjadi dokter, polisi, tentara dan lainnya yang dapat memotivasi siswa,” katanya bersemangat.

Lebih lanjut, kata Kepala MAN 1 Bandar Lampung ini, yang membanggakan Saya, bahwa Madrasah mampu bersaing dan unggul dengan sekolah lain. Sehingga tidak hanya membawa nama baik madrasah, juga siswa itu sendiri, keluarga maupun kementrian dan daerah. “Ini menjadi bukti bahwa madrasah juga memiliki peran yang besar terhadap kemajuan daerah maupun pendidikan. Sebab, selain di Unila para siswa MAN 1 Bandar Lampung juga diterima di berbagai perguruan tinggi nasional di Pulau Jawa baik itu ITB, IPB dan lainnya,” katanya.

Namun, kata Lukman Hakim, capaian ini juga berkat kegigihan anak-anak yang luar biasa dan dukungan penuh dari para orang tua. (THO)
BERITA TERBARU